Kamis, 13 Juni 2013

10 Fakta Penting Autisme




Inilah fakta-fakta autisme yang harus diterima oleh orang-tua. Ada banyak yang negative, tapi tidak sedikit yang positif, karena setiap manusia memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Faktanya :

1. Autisme adalah ‘Spectrum’ Disorder

orang-orang dengan autisme mungkin saja sedikit autistik atau sangat autistik. Dengan demikian, mereka mungkin saja adalah anak yang cerdas, verbal, dan cacat mental, non-verbal. Suatu penyimpangan yang meliputi berbagai gejala ini sering disebut spektrum disorder (gangguan spektrum autisme). Gejala yang paling sering komunikasi sosial (kontak mata, percakapan, mempunyai perspektif yang berbeda dari orang biasa, dll).

2. Sindrom Asperger dianggap bagian dari spektrum autisme. 

Satu-satunya perbedaan yang signifikan antara SA dan High Functioning Autism adalah bahwa orang-orang dengan SA biasanya berkembang dengan cepat, sementara orang-orang dengan autisme biasanya memiliki keterlambatan bicara. Orang dengan SA umumnya sangat cerah dan verbal, tetapi mempunyai kelemahan sosial

3. Autisme berbeda-beda 

Beberapa orang dengan autisme yang cerewet dan yang lainnya adalah pendiam. Ada yang memiliki masalah sensoris, masalah pencernaan, tidur kesulitan dan masalah medis lainnya. Yang sama mungkin hanya keterlambatan komunikasi sosial

4. Orang autis tidak bisa sembuh lebih baik dari orang non autis

Itu tidak berarti bahwa orang dengan autisme tidak akan membaik. Bahkan ketika orang-orang dengan autisme meningkatkan keterampilan mereka, mereka akan seterusnya masih autistik, yaitu mereka akan berpikir dan memahami berbeda dari kebanyakan orang. Anak-anak dengan autisme mungkin menerima berbagai jenis perawatan, seperti perawatan biomedis, sensorik, perilaku, atau bahkan perkembangan seni berbasis. Tergantung pada anak, pengobatan tertentu akan lebih berhasil dari yang lain.

5. Ada banyak teori penyebab autism, tapi tidak konsensus 

Anda mungkin telah melihat atau mendengar berita tentang kemungkinan penyebab autisme. Teori berkisar antara merkuri dalam vaksin untuk genetika bayi. Saat ini, sebagian besar peneliti berpendapat autisme disebabkan oleh kombinasi genetik dan faktor lingkungan – dan itu sangat mungkin bahwa gejala-gejala yang berbeda memiliki penyebab yang berbeda.

6. Autisme adalah diagnosa seumur hidup 

Bagi beberapa orang, sering (tetapi tidak selalu) menerima intervensi dini secara intensif, dan berhasil menurunkan gejala-gejala autisme secara radikal. Orang-orang dengan autisme juga bisa belajar membantu mereka mengelola kesulitan dan bahkan membangun kekuatan unik mereka. Tetapi orang dengan autisme mungkin akan autistik sepanjang hidup mereka.

7. Keluarga Yang Sedang Menghadapi Masalah Autisme Memerlukan Bantuan dan Dukungan

 Bahkan autisme yang High Functioning adalah cobaan bagi orangtua. Apalagi Low Functioning Autism, ini adalah cobaan berat bagi keluarga. Keluarga bisa jadi menghadapi ketegangan setiap harinya. Karena itulah, mereka membutuhkan bantuan dari teman-teman, keluarga, dan rumah-rumah terapi

8. Tidak ada sekolah terbaik untuk anak autis

Anda mungkin pernah mendengar tentang sekolah autisme, atau membaca tentang seorang anak autis yang berhasil blending dengan baik dalam jenis setting kelas tertentu. Tapi, setiap anak autis memiliki kebutuhan unik. Bahkan setting kelas yang menurut satu anak adalah sangat ideal, tapi tidak untuk anak yang lain. Keputusan tentang pendidikan autistik pada umumnya dilakukan oleh sebuah tim yang terdiri dari orang tua, guru, administrator dan terapis yang mengenal anak dengan baik.

9. Ada banyak dasar tentang Autism, dan kebanyakan tidak benar

Sebagai contoh, Anda mungkin pernah mendengar bahwa orang-orang dengan autisme itu dingin dan tidak berperasaan, atau bahwa orang-orang dengan autisme tidak pernah bisa menikah atau sangat workholic. Untuk memahami seseorang dengan autisme itu kita harus meluangkan waktu untuk mengenal dia atau dia-secara pribadi!

10. Orang Autistik Memiliki Banyak Kekuatan dan Kemampuan.

Memang, tampak di luar autisme adalah diagnosis yang sepenuhnya negatif. Tapi hampir semua orang di spektrum autisme memiliki kemampuan besar untuk ditawarkan kepada dunia. Orang-orang dengan autisme adalah yang paling blak-blakan, tidak menghakimi, dan penuh gairah


0 komentar:

Posting Komentar

 
UA-41841186-1