Minggu, 16 Februari 2014

Belajar Kelompok vs Belajar Sendiri


belajar kelompok
belajar kelompok


Setiap orang pasti punya caranya masing masing ketika belajar. Ada yang lebih suka belajar sendiri (kaya gw) ada juga yang lebih suka belajar berkelompok. Masing-masing tentunya punya kelebihan dan kekurangan.

Kelebihan dan kekurangan belajar kelompok : 

1. Belajar jadi lebih asik. Waktu belajar kelompok pasti suasana nya jadi lebih asik, jadi ngga jenuh waktu belajar.

2. Punya pemikiran dari sudut pandang yang berbeda. Dalam belajar kelompok kita diskusi, nah di dalam diskusi itulah kita mendapat sudut pandang yang berbeda beda, dan tentunya pengetahuan kita semakin bertambah.

3. Pertemanan jadi semakin erat. Dengan belajar kelompok kita berlatih untuk saling toleransi, membantu sesama, dan pastinya nongkrong bareng. Jadi bisa lebih dekat satu sama lain

4. Tugas jadi cepat selesai. Jika dikerjakan secara berkelompok pasti tugas akan terasa lebih ringan karena tugas itu dikerjakan secara bersama.

Kekurangan belajar kelompok, pasti waktu belajar kelompok lebih cenderung ngelakuin hal yang ga berhubungan sama belajar kelompok itu, kaya ngegosip, main game, dll. Dan parahnya, ada juga yang belajar kelompok dengan tujuan agar kecipratan nilai bagus dengan cara minjem kerjaan temen lain. Buat kalian yang kaya gini, harus diperbaiki sifatnya. Lama kelamaan pasti terbiasa dan itu ngebuat situ selalu 'lari' dari masalah atau tanggung jawab di masa depan..

Kelebihan dan kekurangan belajar sendiri :

1. Fleksibel. Agan mau belajar kapan aja itu terserah agan, mau belajarnya kaya gimana juga terserah agan.

2. Melatih kemandirian. Dengan belajar secara individu agan melatih kemampuan agan untuk memecahkan masalah sendiri, dan itu membuat agan menjadi terbiasa mandiri.

3. Belajar lebih santai dan tenang. Buat agan yang lebih suka ketenangan dalam belajar, pasti lebih suka belajar secara individu. Jika suasananya tenang dan sedikit gangguan kita bisa menyerap pelajaran dengan lebih baik.

Kekurangan belajar individu salah satunya adalah membuat agan kurang bersosialisasi dengan teman. Selain itu juga tidak ada tukar menukar ide satu sama lain.

SUMBER

0 komentar:

Posting Komentar

 
UA-41841186-1