Sabtu, 22 Februari 2014

7 Tips Melatih Mental Kreatif ala - Psikometrix




Melatih kreatifitas dapat dilakukan dengan cara melatih otak kanan, karena otak kanan inilah yang berperan penting dalam hal kreatifitas. Ciri ciri orang yang kreatif salah satunya seru, fun, lucu, dan pastinya punya segudang ide yang hebat. Kalo ada temen kamu yang seperti ini, pasti dia orang yang banyak ngomong dan disegani di kelas.

Berikut cara dan tips melatih mental kreatif ala Psikometrix.

1. Biasakan bertanya!
Buat kalian yang masih malu malu buat tanya, mulai sekarang harus berani buat tanya ke orang lain. Bertanya pun tidak perlu melulu soal pelajaran kok, bisa juga kejadian di sekitar kalian yang unik dan 'engga biasa'. Tanya juga ga harus ke orang lain sih, menanyakan ke diri sendiri juga bagus.
"Kasih tips dong buat nanya". Gunakan cara 5W + 1H. Akan dibahas lebih lanjut diposting berikutnya :)

2. Be Curious atau Penasaran
Jangan jadi orang yang gampang buat cuma cuma nerima kejadian/ omongan di lingkungan. Jadilah kreatif!

3. Perbanyak membaca
Membaca bisa membaca apa saja. Semakin banyak membaca, maka semakin banyak pula hal hal yang 'WOW' yang kamu dapet. Kalo kamu masih punya rasa males membaca, baca aja hal hal yang kamu suka, atau yang menurut kamu itu unik dan menarik.

4. Melihat sesuatu dengan berbagai sudut pandang
Segala hal pasti punya sudut yang unik, bagaikan 2 sisi koin yang berbeda. Kamu ga bisa melihat keunikan dari berbagai hal atau bahkan temen kamu sendiri kalo kamu melihatnya cuma di 1 sisi aja kan?

5. NgeGame!
Ets! Jangan salah.. Ngegame itu nggak sepenuhnya negatif kok. Makanya jangan cuma liat di 1 sisi dan percaya gitu aja sama omongan lingkungan kaya yang disebutin di atas. Ngegame juga bisa buat pikiran fresh dan melatih agar ide segar lancar mengalir. Selain itu NgeGame juga melatih kemampuan kamu untuk memecahkan masalah dan mencari jalan keluar. TAPI, inget ada tapinya. Ngegame jangan kelamaan, bisa bisa tugas jadi terbengkalai tuh

6. Jadilah pendengar yang baik dan memiliki pikiran yang terbuka, tapi jangan terima mentah mentah apalagi kalo itu tentang hal yang rancu. Terima positifnya dan buang negatifnya

7. Keluar dari Zona Nyaman!
Jangan cuma berdiam diri di zona nyaman saja, kamu juga harus 'nekad' untuk keluar dari zona nyaman. Dengan keluar dari zona nyaman, kamu akan berlatih untuk membiasakan diri, melihat berbagai hal dari perspektif yang berbeda, dan tentunya, HIDUP AKAN JADI LEBIH SERU.

Semoga dengna tips tips ini kita semua bisa belajar untuk menjadi lebih kreatif. Dengan kita menjadi kreatif, kita akan punya banyak teman baik, disukai banyak orang, masuk ke dunia manapun, dan juga dapat melihat kebesaran dan kekuasaan ciptaan-Nya :)

0 komentar:

Posting Komentar

 
UA-41841186-1